dunia hanya tipu daya


postingan ini saya buat hanya sekedar untuk mengingatkan agar tidak terlalu mementingkan kepentingan dunia, silakan baca artikel di bawah ini!

Allah SWT berfirman:

“Dijadikan indah pada ( pandangan ) Manusia kecintaan pada apa – apa yang diingini, yaitu wanita – wanita, anak – anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang – binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup didunia, dan di sisi Allah lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali Imron: 14)

“Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia sebagai air hujan yang kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh – tumbuhan dimuka bumi, kemudian tumbuhan – tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan adalah Allah maha kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al Kahfi: 45)

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah – megah antara kamu serta berbangga – banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanaman – tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya menjadi kuning kemudian menjadi hancur. dan di akhirat (nanti ) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhoan-Nya. Dan Kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS. Al Hadiid: 20)

Maha benar Allah beserta Firman – firman-Nya, sungguh sering kita lihat manusia untuk memperoleh apa yang diingini, yaitu wanita, anak, harta kekayaan baik yang berupa logam mulia, binatang ternak maupun tanah menghalalkan segala cara dan ketika sudah memperolehnya, ia terlalu membanggakannya hingga lupa diri akan kodratnya sebagai seorang hamba Allah SWT. Lalu, ketika apa yang diperolehnya itu hilang, lepas ataupun hancur ia depresi, stress, putus asa dan merana.

Begitu juga dengan kelebihan fisik berupa tampan, cantik, macho, seksi dll sering sekali membuat penyandangnya lupa diri bahwa ia sebenarnya hanyalah makhluk yang hina.

Dunia adalah kembang dan perhiasan yang menipu, memiliki pengaruh magis yang kuat dan dapat menimbulkannya fitnah yang tiada batasnya. Dunia telah begitu sering menjerumuskan manusia dalam kenistaan.

Rosulullah SAW dalam khotbahnya juga memperingatkan kita semua. Beliau bersabda:

“Wahai umat manusia, negeri dunia ini adalah negeri yang bengkok, bukan negeri yang lurus. Dunia adalah tempat kesusahan, bukan tempat kesenangan. Barang siapa mengetahuinya, maka ia tidak gembira dengan kelapangan yang dimilikinya atau bersedih karena kesengsaraan yang dialaminya. Ketahuilah bahwa Allah menciptakan dunia sebagai negeri tempat ujian dan akhirat sebagai tempat kembali. Allah menjadikan ujian dunia sebagai sebab mendapat pahala akhirat dan menjadikan pahala akhirat sebagai kompensasi ujian dunia. Allah mengambil untuk memberi, menguji untuk memberi ganjaran.”

Dalam riwayat lain Beliau juga bersabda:

“Dunia itu manis dan hijau. Allah menjadikan kalian khalifah disana. Dia hendak melihat bagaimana kalian berbuat. Maka, waspadalah terhadap dunia dan waspadalah terhadap wanita.”

Beliau juga bersabda:

“Setelah kematianku, tidak ada fitnah yang lebih membahayakan kaum lelaki daripada fitnah kaum wanita.”



Sungguh begitu besar dampak yang ditimbulkan oleh bahaya dunia, hingga Allah SWT dan Rosulullah SAW menyebutkan dan memperingatkan berkali – kali. Sebagai manusia yang masih tinggal di dunia, janganlah keindahan dunia membuat kita melupakan Allah SWT dan Rosul-Nya. Marilah kita sikapi dan pergunakan keindahan itu dengan jalan yang di Ridhoi-Nya. Jadilah manusia terbaik dimuka bumi sesuai sabda Rosulullah SAW,:

“Orang terbaik diantara kalian adalah orang yang tidak meninggalkan akhiratnya demi dunianya, tidak pula meninggalkan dunianya demi akhiratnya, dan tidak menjadi beban bagi orang lain.”

jadi dunia itu hanyalah ujian untuk menghadapi masa yang lebih nyata di akhirat nanti

sekian terimakasih

Posted in islam
3 comments on “dunia hanya tipu daya
  1. Sugar Nunuii says:

    “Dunia adalah kembang dan perhiasan yang menipu, memiliki pengaruh magis yang kuat dan dapat menimbulkannya fitnah yang tiada batasnya. Dunia telah begitu sering menjerumuskan manusia dalam kenistaan.”

    pas bagian yang ini, aku bener bener tersentuh sekaligus ngeri riz..

    memang ya, kita harus banyak banyak istigfar.. astagfirullahaladzim..

    ngomong ngomong ini postingan yang bagus banget!🙂 good job! keep your hard work riz!

  2. Aziz says:

    Semoga kita tidak terlena dengan tipu daya dan keindahan dunia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: