Renungan

“Allah telah menetapkan agar kalian tidak beribadah melainkan kepada-Nya; dan hendaklah kalian berbakti kepada kedua orang tua.” (Al-Israa : 23)

coba simak video berikut.

bagaimana perasaan anda setelah melihat video di atas, mungkin ada yang biasa saja ataupun ada yang tersentuh, dan merasa bersalah, mungkin galau.., dan lain-lain.
tapi yang pasti dari tayangan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa kita sering melupakan betapa besarnya keringat atau pengorbanan yang sering dikeluarkan oleh orangtua kita pada saat kita masih kecil. dari video di atas kita lihat, seorang anak dengan orangtuanya yang sedang duduk dihalaman, dan tiba-tiba ada burung hinggap di depan mereka, dan ayahnya pun bertanya “itu apa?”, “itu apa?” dan baru saja sampai 3 atau 4 kali bertanya pada pertanyaan yang sama anaknya langsung memarahinya, karena kesal.
padahal ketika kecil tanpa ia sadari, dia pun pernah bertanya kepada ayahnya sebanyak 21 kali bahkan, dan ayahnya pun senantiasa menjawab sebanyak 21 kali bahkan ayahnya memeluk dia setiap dia menanyakan hal yang sama “itu apa?”, itu mungkin menunjukan bahwa kita tidak sanggup membalas jasa orangtua yang begitu besarnya, dan dengan begitu sabarnya mengajari kita.

cuplikan video di atas baru merupakan ilustrasi yang masih jauh lebih ringan dari apa yang dilakukan orang tua kita sebenarnya ketika kita masih kecil, kita sering mengabaikannya seakan-akan kita tumbuh besar seperti ini karena usaha kita sendiri, padahal kita itu dibesarkan oleh orang tua kita, dan oleh harta orang tua kita, dan sebenarnya harta kita adalah harta milik orang tua.

seperti percakapan antara seorang anak dan rasulullah di bawah ini:
“Saat ada seorang anak mengadu kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, “Wahai Rasulullah! Ayahku telah merampas hartaku.” Rasulullah bersabda, “Engkau dan juga hartamu, kesemuanya adalah milik ayahmu.””
jadi janganlah kita terlalu bangga dengan apa yang kita dapat sekarang, sehingga melupakan besarnya pengorbanan yang telah dikeluarkan oleh orangtua kita.

bahkan kita diperintahkan untuk berbuat baik kepada orang tua kita meskipun mereka kafir, seperti firman Allah swt dalam surat luqman ayat 15, dibawah ini:
“Kalau mereka berupaya mengajakmu berbuat kemusyrikan yang jelas-jelas tidak ada pengetahuanmu tentang hal itu, jangan turuti; namun perlakukanlah keduanya secara baik di dunia ini.” (Luqmaan : 15)

islam sudah memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada orang tua kita bagaimanapun keadaan orangtua kita, meskipun apa yang kita lakukan tidak mungkin bisa membalas jasa-jasanya yang begitu banyak, tapi teruslah mencoba untuk bisa membahagiakan mereka, meskipun saya juga sebenarnya masih kurang kurang memperhatikan hal seperti ini, tapi itu merupakan salah satu kunci untuk masuk ke seurga. semoga postingan saya kali ini bermanfaat, maaf  bila ada yang kurang .

Posted in islam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: